Adaptasi Tren Penikmat Kopi dari Generasi Milenial ke Gen Z
Abstract
Dalam mengadaptasi tren penikmat kopi dari generasi milenial ke Gen Z, perlu dipahami bahwa Gen Z cenderung mengedepankan pengalaman yang unik, berkelanjutan, dan berorientasi pada nilai-nilai sosial, sehingga para pelaku industri kopi perlu menghadirkan inovasi, keberlanjutan, dan konektivitas sosial dalam menyajikan produk-produk kopi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam adaptasi tren minum kopi dari generasi milenial ke generasi Z, serta implikasinya dalam aspek sosial dan gaya hidup. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara terpusat (Focused Interviews). Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Milenial menyukai kopi berkualitas tinggi dan pengalaman unik, sementara Z lebih fokus pada kepraktisan; (2) Milenial mengeksplorasi rasa dan aroma kopi, sedangkan Z mulai tertarik, meskipun lebih praktis. (3) Komunikasi bisnis dengan pengembangan kafe menjadi tempat pertemuan sosial untuk berkomunikasi yang penting bagi generasi milenial, namun, untuk menarik generasi Z, kafe perlu melakukan adaptasi, seperti integrasi teknologi dan menciptakan pengalaman tatap muka yang lebih personal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sharine Sondang, Nindyo Andayaning Pandusaputri, R. Bintang R. Mokodompit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.