Integrasi Teknologi dalam Peningkatan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VII-I SMP Negeri 1 Krian

  • Wulandari Ratnasari Universitas Negeri Surabaya
  • Duvan Awang Prayoga Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Harmanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Konstruktivisme, Kolaborasi, Teknologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan tindakan kepada peserta didik dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi seperti penyampaian ide, komunikasi, distribusi tugas, dan interaksi dengan guru sebagai fasilitator. Penelitian dapat memberikan inovasi pada dunia pendidikan yang berada pada era society 5.0. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme Vygotsky. Penelitian dilakukan di kelas VII-I SMP Negeri 1 Krian dengan 35 peserta didik. Peneliti juga berperan sebagai guru, menggunakan model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart (1990) yang meliputi 2 siklus dengan masing-masing mencakup 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan kolaborasi, ditandai dengan keberanian peserta didik menyampaikan pendapat, mengembangkan ide, dan aktif berkomunikasi. Kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi juga meningkat, dengan keaktifan tinggi dalam mengeksplorasi fitur aplikasi dan skor kualitas penggunaan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi dalam Project Based Learning efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan penggunaan teknologi peserta didik kelas VII-I dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi “Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-22