Peningkatan Kognitif Pengguna Antarmuka Augmented Reality Menggunakan Metoda Eyetracking

  • Harjono Padmono Putro Universitas Krisnadwipayana
Keywords: Augmented Reality, Eyetracking, Kognitif, Antarmuka

Abstract

Dalam era teknologi saat ini, Augmented Reality (AR) telah menjadi semakin populer dan digunakan dalam berbagai aplikasi. Namun, masih ada ketidakjelasan tentang sejauh mana penggunaan antarmuka AR dapat meningkatkan aspek kognitif penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak penggunaan antarmuka Augmented Reality (AR) terhadap peningkatan aspek kognitif penggunanya. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif dalam penelitiannya. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi literatur. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa dampak Augmented Reality (AR) terhadap kinerja kognitif masih dalam tahap awal perkembangannya, namun hasil-hasil penelitian yang telah ada menunjukkan bahwa AR memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja kognitif dalam berbagai jenis tugas. Metode eyetracking dapat menjadi alat yang berguna untuk mengevaluasi dampak AR pada kinerja kognitif dan memahami cara pengguna berinteraksi dengan antarmuka AR. Penggunaan eyetracking memungkinkan untuk merekam pergerakan mata pengguna dan menganalisis pola interaksi mereka dengan elemen-elemen dalam AR.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-19