Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Guna Peningkatan Layanan Pasien Klinik A+ Dental Care Jakarta Pusat
Abstract
Kemampuan sebuah perusahaan untuk bertahan dalam kompetisi di industri yang dijalani akan sangat membantu untuk keberlangsungan perusahaan. Seperti kebanyakan UMKM lainnya, terdapat tantangan yang saat ini dihadapi oleh Klinik A+ Dental Care. Dengan dilakukannya proses Business Coaching bertujuan untuk membantu memperbaiki sistem pada Klinik A+ Dental Care agar perusahaan ini dapat lebih bertahan di dunia bisnis. Dengan suatu pelaku usaha bisnis berpegang teguh terhadap sistem manajemen mutu yang baik akan memudahkan untuk memiliki diferensiasi berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu Klinik A+ Dental Care meningkatkan daya saingnya di industri dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang baik melalui proses Business Coaching. Metode yang digunakan meliputi analisis Business Model Canvas, analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning), dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Hasil dari Business Coaching ini memberikan solusi yang berfokus pada manajemen mutu dengan penekanan pada kepuasan pelanggan, pendekatan berbasis proses, dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang valid. Penerapan sistem manajemen mutu yang baik membantu Klinik A+ Dental Care memiliki diferensiasi yang berkelanjutan dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam kompetisi. Dengan penguatan sistem manajemen mutu, UMKM seperti Klinik A+ Dental Care dapat lebih siap menghadapi tantangan bisnis dan mencapai keberlanjutan dalam jangka panjang.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ula Aimee Delyarachma Suseno, Rambat Lupiyoadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.