Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat Klaten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan tata bahasa pada karya tulis siswa kelas enam Program Khusus Bayat SD Muhammadiyah Klaten. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Siswa kelas enam Program Khusus Bayat SD Muhammadiyah memberikan karya tulis berupa kata atau frasa yang merupakan sumber materi penelitian. Sumber data penelitian ini adalah materi karangan yang diserahkan siswa untuk tugasnya. Informasi dikumpulkan menggunakan alat uji, terutama yang dapat menggubah musik bertema pesta. Untuk mengidentifikasi kesalahan dalam tulisan siswa, peneliti dalam penelitian ini mengumpulkan lima belas teks, beberapa di antaranya merupakan hasil karya siswa sendiri. Setelah itu, kami mengolah dan menganalisis pesan-pesan tersebut. Observasi dan pencatatan merupakan beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Sementara itu, selama proses analisis data, data dikategorikan menurut jenis kesalahannya. Penelitian ini menemukan bahwa siswa kelas enam SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten melakukan total dua puluh satu kesalahan fonologis—termasuk tujuh kesalahan huruf kapital, empat kesalahan huruf miring, lima kesalahan penonjolan partikel, dan lima kesalahan fonem—serta lima belas kesalahan ejaan, lima kesalahan tanda hubung, lima kesalahan titik, sembilan kesalahan bidang morfologi, enam kesalahan preposisi, dan tiga kesalahan reduplikasi atau pembentukan ulang dalam karangan mereka.
Downloads
Copyright (c) 2024 Nisa Ashari Putri, Atiqa Sabardilla
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.