Pengaruh Uses and Gratification Terhadap Subscription Intention dimediasi oleh Subscription Attitude pada Subscriber Media Olahraga Fantasista.Id

  • Akbarina Sabila Universitas Brawijaya
Keywords: Uses and Gratification, Subscription Intention, Subscription attitude, entertainment, informativeness, irritation, Fantasista.id.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Uses and Gratification terhadap Subscription Intention yang dimediasi oleh Subscription attitude pada pelanggan media olahraga Fantasista.id. Studi ini mengukur tiga dimensi utama Uses and Gratification: entertainment, informativeness, dan irritation. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 210 pelanggan aktif Fantasista.id melalui kuesioner terstruktur yang divalidasi, kemudian dianalisis dengan analisis jalur. Hasil menunjukkan bahwa entertainment dan informativeness berpengaruh positif signifikan terhadap Subscription attitude, sedangkan irritation berpengaruh negatif signifikan. Subscription attitude juga berpengaruh positif signifikan terhadap Subscription Intention, serta memediasi hubungan antara semua dimensi Uses and Gratification dan Subscription Intention. Temuan ini mengindikasikan bahwa Fantasista.id harus meningkatkan aspek hiburan dan informatif dari kontennya serta mengurangi elemen yang menyebabkan gangguan untuk meningkatkan niat berlangganan pelanggan. Sikap positif terhadap layanan berlangganan adalah faktor kunci dalam menentukan niat berlangganan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-19