Pengaruh Social Media Marketing, Competitor Orientation dan Customer Orientation Terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi
Abstract
Dengan peningkatan inovasi yang terus berkembang, pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah telah berdampak pada berbagai industri, termasuk komoditas. Di pasar yang sangat kompetitif saat ini, pemilik bisnis tidak bisa lagi beralasan bahwa periklanan produk merupakan tantangan besar. Jika mereka ingin memaksimalkan pendapatan, para pengusaha perlu menemukan teknik pemasaran yang efektif untuk menjual produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pemasaran media sosial, orientasi pesaing, dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran, dengan keunggulan kompetitif sebagai mediator. Data diperoleh dari 115 pemilik UMKM Batik melalui sensus. Analisis Smart Partial Least Square digunakan untuk menguji hubungan antara pengaruh pemasaran media sosial, orientasi pesaing, dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran, dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran media sosial yang berfokus pada pelanggan dan pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Selain itu, berbeda dari orientasi pelanggan dan pesaing, pemasaran media sosial secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
Copyright (c) 2024 Tiara Cindy Pratiwi, Alifah Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.