Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Klinik Medimom Jakarta Selatan

  • Sakina Bhayang Rindi Universitas Pelita Harapan
  • Pauline H. Pattyranie Tan Universitas Pelita Harapan
Keywords: Kualitas Layanan, Kepercayaan, Persepsi Harga, Kepuasan Pasien, Loyalitas pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif dari Kualitas Layanan, Kepercayaan Pasien, dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pasien melalui Kepuasan Pasien di Klinik Medimom Jakarta Selatan. Model penelitian ini menggunakan kuesioner dengan lima variabel utama. Penelitian dilakukan dengan metode survei kuantitatif menggunakan pengambilan data secara cross-sectional. Data responden diperoleh melalui purposive sampling dari pasien Klinik Medimom Jakarta Selatan yang berusia 18 hingga 50 tahun dan telah melakukan kunjungan lebih dari dua kali dalam satu tahun terakhir. Sebanyak 265 responden memenuhi kriteria tersebut. Data kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kepercayaan pasien juga berpengaruh positif terhadap kepuasan, serta persepsi harga memberikan dampak positif terhadap kepuasan pasien. Namun, kepuasan pasien tidak menunjukkan pengaruh positif terhadap loyalitas pasien, sementara kualitas layanan dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-23