Penerapan Doa Pagi Bersama Untuk Peningkatan Kinerja Guru di SMPN 1 Singosari
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja sekolah. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah dengan membangun budaya religius melalui doa pagi bersama seluruh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguatan kepemimpinan kepala sekolah melalui kegiatan doa pagi bersama dapat meningkatkan kinerja guru dan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen di sebuah sekolah menengah pertama di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan doa pagi bersama dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan, rasa syukur, optimisme, persaudaraan, kebersamaan, motivasi, semangat kerja, dan moral guru. Guru yang lebih siap dan termotivasi mampu memberikan pembelajaran yang lebih berkualitas kepada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang memperkuat budaya religius melalui doa pagi memiliki efek positif signifikan terhadap kinerja guru dan mutu pendidikan di sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis religius untuk memperkuat budaya religius di sekolah.
Downloads
Copyright (c) 2024 Dian Kartini, Ibrahim Bafadal, Burhanuddin Burhanuddin, Sa’dun Akbar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.