Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality (AR) pada Sistem Kearsipan di Kelas X SMK Negeri 1 Penukal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis augmented reality (AR) untuk mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Penukal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis AR yang dikembangkan valid dan praktis digunakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi, serta pengguna. Uji efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem kearsipan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa e-modul berbasis AR efektif dalam memberikan simulasi objek 3D dan unsur multimedia yang membantu siswa memahami materi secara mendalam. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi teknologi AR dalam pembelajaran untuk meningkatkan interaktivitas dan efektivitas pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2024 Susan Trinoviora, Ismet Ismet, Syarifuddin Syarifuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.