Pengaruh Kongruensi Selebriti Fenomenal terhadap Purchase Intention melalui Believability, Perceived Risk & Consumer Confidence
Abstract
Penggunaan jasa untuk mempromosikan produk yang bekerjasama dengan selebritis atau publik figur untuk kegiatan marketing endorse produk oleh perusahaan kecil hingga perusahaan-perusahaan besar saat ini sangat marak dan menjadi peluang baru dalam mengiklankan produk yang dijual agar lebih dikenal dan diketahui keberadaannya oleh masyarakat secara luas terutama melalui media sosial. Saat ini, media sosial yang digunakan oleh para endorser untuk mempromosikan produknya adalah Instagram, Facebook, dan Tiktok. Tak hanya selebriti dengan perilaku baik, selebriti dengan perilaku buruk di mata masyarakat kerap melakukan endorsement beberapa produk. Studi ini bertujuan untuk melihat pengaruh kongruensi (kecocokan) produk yang diiklankan atau diendorse oleh selebritis yang mempunyai background yang fenomenal terhadap purchase intention melalui believability, perceived risk dan consumer confidence. Untuk lebih detailnya lagi, penelitian ini membicarakan tentang bagaimana seorang selebriti yang memiliki background yang cukup sensasional di masyarakat, cocok/congruence dengan produk yang akan diendorse oleh selebriti tersebut, produk yang diendorse oleh selebriti tersebut pun terbagi menjadi dua produk yaitu produk yang dekat dengan kepribadian atau sesuai dengan gaya hidup, kebiasaan, hobi atau peminatannya dan produk yang tidak sesuai dengan gaya hidupnya.
Downloads
Copyright (c) 2024 Dany Triguna, Delia Yuniar, Muhammad Nadhif Hindami, Primidya Kartika Miranda Soesilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.