PENINGKATAN MOTIVASI KERJA GURU MELALUI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI Mts. AL-MAIJAH GEMULUNG LEBAK KABUPATEN CIREBON
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi yang dilaksanakan di MTs Al-Maijah Gemulung Lebak Kabupaten Cirebin, ditemukan bahwa kinerja guru relatif rendah. Secara teoritis dinyatakan bahwa untuk meningkatkan motivasi kinerja guru tidak lepas peran dari kepala sekolah. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu (1) Perencanaan, dilakukan untuk mengidentifikasi masalah/ kasus dan merencanakan kegiatan pembinaan seperti mempersiapkan perangkat pembinaan, membuat alat evaluasi dan instrumen penelitian. (2) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan kegiatan pembinaan, (3) Observasi, yaitu pengambilan data tentang proses kegiatan dan hasil pembinaan. (4) Refleksi, adalah kegiatan untuk menganalisa data hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai kinerja dimana hasil awal mencapai rata-rata : 52,87, hasil siklus I naik yaitu mencapai rata-rata: 61,61 dan pada siklus II meningkat hingga mencapai rata-rata: 84,87. Dengan demikian penulis berkesimpulan bahwa peran kepemimpinan dapat meningkatkan motivasi kerja guru Mts Al-Maijah Gemulung Lebak Kabupaten Cirebon.