Manajemen Komunikasi Krisis PT EVOS Esports Indonesia dalam Menjaga Citra Perusahaan Startup di Era Bubble Burst
Abstract
Manajemen komunikasi Public Relations (PR) menjadi tonggak perusahaan dalam mengelola krisis. Komunikasi krisis melalui PR menjadi sangat berpengaruh sebagai tindakan efektif menghentikan krisis dengan cepat, membatasi kerugian, memulihkan dan mengembalikan kepercayaan publik serta meraih kembali citra perusahaan yang sempat terganggu. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui manajemen komunikasi PR dalam mengelola krisis PT EVOS Indonesia sebagai startup esports terbesar di Indonesia untuk menjaga citra perusahaan di era bubble burst. Metode penelitian dalam kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan melalui teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi dan studi literatur. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa PR EVOS Esports menentukan strategi yang berbeda-beda untuk setiap stakeholder perusahaan. Media, dengan pengaruh yang besar, membutuhkan strategi defensif yang berfokus pada aksi nyata. Strategi adaptif diterapkan pada karyawan yang mencakup restrukturisasi. Serta memperkuat kepercayaan terhadap komunitas, fans dan klien melalui inovasi produk dan event perusahaan yang termasuk juga dalam strategi adaptif. Tujuan utama dari manajemen komunikasi krisis lewat strategi komunikasi krisis yang berbeda adalah untuk mengelola ekspektasi dan membangun kembali kepercayaan dari setiap stakeholder. Strategi yang tepat untuk setiap stakeholder, akan membentuk persepsi masing-masing stakeholder terhadap citra perusahaan. Dengan demikian citra perusahaan tetap terjaga atas persepsi masing-masing stakeholder.
Downloads
Copyright (c) 2024 Helena Sandra Auirga, Halomoan Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.