Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior Melalui Locus of Control sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, dan Perental Income Terhadap Financial Manajement Behavior Melalui Locus of control Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA). Jenis penelitiaan ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan penelitian ini menggunakan kuesioner atau memberi beberapa lembar pernyataan untuk mengumpulkan data responden dengan jumlah responden sebanyak 375 orang. Responden diambil dari seluruh mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Data diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Knowledge berpengaruh signifikan positif terhadap Locus of Control, Financial Attitude berpengaruh signifikan positif terhadap Locus of Control, Parental Income berpengaruh tidak signifikan terhadap Locus of Cotnrol, Financial Knowledge berpengaruh signifikan positif terhadap Financial Management Behavior, Financial Attitude berpengaruh signifikan positif terhadap Financial Management Behavior, Parental Income berpengaruh tidak signifikan negatif terhadap Financial Management Behavior, Locus of Control berpengaruh signifikan positif terhadap Financial Management Behavior, Financial Knowledge berpengaruh signifikan positif terhadap Financial Management Behavior melalui Locus of Control, Financial Atittude berpengaruh signifikan positif terhadap Financial Management Behavior melalui Locus of Control, Parental Income tidakberpengaruh signifikan terhadap Financial Management Behavior melalui Locus of Control.
Downloads
Copyright (c) 2024 Eka Selsabila Firdausi, Riyanti Riyanti, Andry Priharta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.