Pengaruh Media Benda di Sekitar Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN 1 Grogol Depok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media benda disekitar terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SDN 1 Grogol Depok pada semester 2 tahun ajaran 2023-2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment sebanyak 10 soal essay dengan hasil 8 soal valid dan 2 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,553 > 0,344 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh data pre-test Lo< Lt yaitu 0,1276 < 0,1498 dan data post-test Lo < Lt yaitu 0,1276 < 0,1498 maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,243 < 1,772 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,845 > 1,995. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa Terdapat Pengaruh Media Benda disekitar Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN 1 Grogol Depok. Dengan hasil Uji Effect Size sebesar 1,100 yang berarti Terdapat Pengaruh Media Benda disekitar Sangat Tinggi Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN 1 Grogol Depok.
Downloads
Copyright (c) 2024 Hudaya Hudaya, Ade Hikmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.