Evaluasi Pelayanan Ekspor & Impor Melalui Customs-Excise Information System and Automation (Ceisa) 4.0 di PT. Varia Usaha Dharma Segara Gresik dalam Rangka Menuju Efektifitas
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah paradigma dalam dunia perdagangan internasional, khususnya dalam bidang ekspor dan impor. “Customs-Excise Information System And Automation (CEISA) 4.0” yakni salah satu inovasi teknologi yang mengintegrasikan proses bisnis secara efisien, termasuk dalam pelayanan ekspor dan impor. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif mempergunakan pendekatan studi kasus. Selain melaksanakan wawancara mendalam dengan orang-orang penting di perusahaan, informasi dikumpulkan melalui observasi langsung proses pelayanan ekspor dan impor yang mempergunakan “Customs-Excise Information System And Automation (CEISA) 4.0.” Selain itu, evaluasi dilaksanakan dengan membandingkan prosedur sebelum dan setelah penerapan CEISA 4.0, serta menilai efisiensi, efektivitas, dan dampak implementasi sistem terhadap kinerja perusahaan. Temuan ini menunjukkan bahwasannya penerapan “Customs-Excise Information System And Automation (CEISA) 4.0” telah memberi dampak positif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pelayanan ekspor dan impor di PT. Varia Usaha Dharma Segara. Integrasi teknologi ini mempercepat proses administrasi, meminimalkan kesalahan, dan meningkatkan Keterbukaan terhadap seluruh rantai pasok. Meskipun demikian, tantangan dalam implementasi dan pemeliharaan teknologi ini juga perlu diperhatikan, termasuk dalam hal SDM dan infrastruktur teknologi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini memberi kontribusi dalam pemahaman tentang manfaat dan tantangan penerapan teknologi “Customs-Excise Information System And Automation (CEISA) 4.0” dalam konteks pelayanan ekspor dan impor di perusahaan perdagangan
Downloads
Copyright (c) 2024 Sandi Ekwantoro, Budi Priyono, Toto D. Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.