Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat

  • Jubaidi Jubaidi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Darmawan Setiawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Bintang Firdaus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Beinda Desita Zalasia Fitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azzah Nur Aziizah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: tangible, realibity, responssiveness, assurance, emphaty, kualitas layanan, kepuasan konsumen

Abstract

Bagi perusahaan, mencapai mutu yang prima dan unggul merupakan hal yang krusial guna menjamin kepuasan pelanggan dan konsumen. Sedangkan bagi nasabah pelayanan yang berkualitas suatu hal yang sangat penting untuk membangun kepercayaan. Terbentuknya kepuasan nasabah menawarkan beberapa keuntungan yang akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan.  Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh tangible, realibity, responssiveness, assurance, dan emphaty sebagai dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada bank Muamalat Cabang Samarinda. Data yang dianalisis berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada nasabah sebanyak 100 orang. Analisis datamenggunakan analisis regresi linier berganda melalui program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel tangible, realibity, responssiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Cabang Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-02