PENGARUH APLIKASI MANAJEMEN LOGISTIK DAN DISIPLIN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUNINGAN
Abstract
Pegawai merupakan satu dari sebagian elemen lembaga yang memiliki peran vital. Suatu lembaga dapat disebut baik tatkala memiliki sistem dan pegawai yang juga baik. Namun sebuah lembaga dikatakan jelek apabila memiliki sistem dan pegawai yang juga jelek. Dalam pelaksanaannya baik jelek pegawai tergantung pengaruh yang ditimbulkan oleh beberapa hal, dua diantaranya adalah manajemen logistik serta disiplin kerja. Secara umum peneltian ini mengkaji lebih jauh kedua hal tersebut dan perannya dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penelitian ini membahas secara lebih jauh tentang dampak yang ditimbulkan dari aplikasi manajemen logistik dan disiplin pegawai tatas kinerja pegawai di lingkup skreatiriat Kabupaten Kuningan. Penulis mendapati pengaruh aplikasi manajemen logistik terhadap kinerja pegawai. Hal serupa juga terjadi antara disiplin pegawai dan kinerja pegawai. Disiplin pegawai mempunyai dampak dan/atau pengaruh yang relatif mencolok atas kinerja pegawai. Merujuk dari hasil tersebut penulis menyimpulkan aplikasi manajemen logistik dan disiplin pegawai mempunyai dampak serta pengaruh yang relatif kontras dan signifikan atas kinerja pegawai. Dengan adanya hal tersebut manajemen logistik dan disiplin pegawai dapat dimaksimalkan demi menigkatkan kinerja atas pegawai itu sendiri.