Analisa Strategi pada PT. Astra Agro Lestari Tbk.

  • Ivan Ivan Universitas Surabaya
  • Liliana Inggrit Wijaya Universitas Surabaya
Keywords: Formulasi Strategi, Persaingan Bisnis, analisis SWOT, Penetrasi Pasar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pilihan strategi yang bisa dilakukan perusahaan agar tetap bertahan dengan situasi masa depan. Konsep kunci dalam penelitian ini adalah formulasi strategi, dimana metode kuantitatif yang digunakan meliputi langkah-langkah manajemen industri yang diterapkan oleh PT. Astra Agro Lestari (AALI) dalam menghadapi persaingan bisnis industri kelapa sawi. Hasil penelitian terhadap lingkungan internal dan eksternal menghasilkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT) yang dimiliki AALI. Analisis SWOT itu selanjutnya dimasukkan ke dalam matriks untuk pilihan strategi, meliputi matriks External Factor Evaluation dan Internal Factor Evaluation, Competitive Profile Matrix, Threats Opportunities Weaknesses Strength, SPACE, Boston Consulting Group, Internal External matix, GSM (Grand Strategic Matrix), serta QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix). Rekomendasi akhir yang diperoleh bahwa pilihan strategi AALI yaitu penetrasi pasar mengingat pangsa pasar di Indonesia yang masih cukup besar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-21