Analisa Strategi pada PT. Astra Agro Lestari Tbk.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pilihan strategi yang bisa dilakukan perusahaan agar tetap bertahan dengan situasi masa depan. Konsep kunci dalam penelitian ini adalah formulasi strategi, dimana metode kuantitatif yang digunakan meliputi langkah-langkah manajemen industri yang diterapkan oleh PT. Astra Agro Lestari (AALI) dalam menghadapi persaingan bisnis industri kelapa sawi. Hasil penelitian terhadap lingkungan internal dan eksternal menghasilkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT) yang dimiliki AALI. Analisis SWOT itu selanjutnya dimasukkan ke dalam matriks untuk pilihan strategi, meliputi matriks External Factor Evaluation dan Internal Factor Evaluation, Competitive Profile Matrix, Threats Opportunities Weaknesses Strength, SPACE, Boston Consulting Group, Internal External matix, GSM (Grand Strategic Matrix), serta QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix). Rekomendasi akhir yang diperoleh bahwa pilihan strategi AALI yaitu penetrasi pasar mengingat pangsa pasar di Indonesia yang masih cukup besar.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ivan Ivan, Liliana Inggrit Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.