KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM CIREBON

  • Alim Alim
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Pendidikan keluarga menurut pandangan Islam dipandang sebagai  sebuah hal penting yang dapat memberikan pengaruh atas perkembangan anak. Sehingga, untuk meningkatkan kualiras pendidikan anak, kelurga –khususnya orang tua– mempunyai tanggung jawab dalam memberi kontrol serta  pola asuh terbaik untuk anak-anaknya. Penelitian ini sendiri dilakukan guna mengetahui apakah di dalam keluarga terdapat pola asuh yang telah diterapkan dapat mempengaruhi anak dalam belajar di sekolah serta mengukur seberapa besar hubungan atau keterkaitan antara pola asuh dengan prestasi belajar siswa di sekolah. Metode penelitian yang diberlakukan disini ialah metode kuantitatif. Metode kuantitatif  sendiri merupakan metode penelitian yang empiris dimana data yang digunakan disini berbentuk angka dan/atau sesuatu yang dapat dihukum. Penelitian kuantitatif memperhatikan pada pengumpulan data serta analisis data melalui bentuk numerik dan bersifat objektif. Hasil korelasi atau keterkaitan antara variabel X dan variabel Y sebesar -0,014. Hal ini berkorelasi negatif sehingga pola asuh dapat dinyatakan berbanding terbalik atau berlainan dengan hasil dan prestasi belajar akidah akhlak pada peserta didik kelas  VIII MTs Miftahul Ulum Cirebon. Adapun Sig (2-tailed) memiliki nilai yang > 0,05 sehingga Ho diterima artinya tidak ada hubungan dan/atau keterkaitan antara pola asuh yang diberikan orang tua seta hasil dan  prestasi belajar aqidah akhlak yang dimiliki peserta didik di kelas  VIII MTs Miftahul Ulum Cirebon.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01