KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS MIFTAHUL ULUM CIREBON
Abstract
Pendidikan keluarga menurut pandangan Islam dipandang sebagai sebuah hal penting yang dapat memberikan pengaruh atas perkembangan anak. Sehingga, untuk meningkatkan kualiras pendidikan anak, kelurga –khususnya orang tua– mempunyai tanggung jawab dalam memberi kontrol serta pola asuh terbaik untuk anak-anaknya. Penelitian ini sendiri dilakukan guna mengetahui apakah di dalam keluarga terdapat pola asuh yang telah diterapkan dapat mempengaruhi anak dalam belajar di sekolah serta mengukur seberapa besar hubungan atau keterkaitan antara pola asuh dengan prestasi belajar siswa di sekolah. Metode penelitian yang diberlakukan disini ialah metode kuantitatif. Metode kuantitatif sendiri merupakan metode penelitian yang empiris dimana data yang digunakan disini berbentuk angka dan/atau sesuatu yang dapat dihukum. Penelitian kuantitatif memperhatikan pada pengumpulan data serta analisis data melalui bentuk numerik dan bersifat objektif. Hasil korelasi atau keterkaitan antara variabel X dan variabel Y sebesar -0,014. Hal ini berkorelasi negatif sehingga pola asuh dapat dinyatakan berbanding terbalik atau berlainan dengan hasil dan prestasi belajar akidah akhlak pada peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Cirebon. Adapun Sig (2-tailed) memiliki nilai yang > 0,05 sehingga Ho diterima artinya tidak ada hubungan dan/atau keterkaitan antara pola asuh yang diberikan orang tua seta hasil dan prestasi belajar aqidah akhlak yang dimiliki peserta didik di kelas VIII MTs Miftahul Ulum Cirebon.