Analisis Promosi Digital Media Sosial Instagram dalam Mendatangkan Pengunjung (Studi Kasus Event Karaoke Night Hard Rock FM Anak Lama Sing or Scream)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas promosi digital melalui media sosial Instagram dalam menarik pengunjung acara Karaoke Night Hard Rock FM Anak Lama Sing or Scream. Di era digital ini, media sosial menjadi salah satu alat promosi yang efektif dan efisien dalam berbagai acara dan kegiatan. Instagram sebagai salah satu platform media sosial populer memiliki potensi besar untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan spesifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada acara Karaoke Night Hard Rock FM Anak Lama Sing or Scream. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan tim media sosial Hard Rock FM, dan analisis laporan promosi acara Karaoke Night Hard Rock FM Anak Lama Sing or Scream di Instagram. Penelitian menunjukkan bahwa promosi digital yang dilakukan Hard Rock FM untuk mempromosikan Event Karaoke Night “Hard Rock FM Anak Lama Sing or Scream” di Instagram belum sepenuhnya efektif dalam menarik pengunjung. Meski promosi digital yang dilakukan Hard Rock FM mencapai jangkauan 345.560 dari total promosi yang dilakukan baik di reel maupun Instagram Stories, namun hanya 400 pengunjung yang hadir dalam acara tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 0,12 persen dari total jangkauan promosi Hard Rock FM di Instagram yang diterjemahkan menjadi pengunjung sebenarnya. Hal ini dapat ditingkatkan dengan melakukan promosi di platform media sosial lain seperti TikTok dan Facebook.
Downloads
Copyright (c) 2024 Dennise Ikhram Javier, Koramen Haulian Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.