Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan dan Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan Kembali Melalui Kepuasan sebagai Variabel Mediasi pada Pengguna Aplikasi Jual Beli Online Bukalapak: Studi Generasi “Z”
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan dan kepercayaan terhadap niat menggunakan kembali melalui kepuasan sebagai variabel mediasi pada pengguna aplikasi jual beli online bukalapak studi pada generasi Z. Seluruh responden merupakan mahasiswa generasi Z yang berada di Provinsi Yogyakarta. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 200 responden. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dengan lima variabel yaitu persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, kepercayaan, kepuasan, dan niat menggunakan kembali. Sumber data yang digunakan data primer. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Covariance Based Structural Equation Model (CB-SEM) dengan program software Amos. Berdasarkan hasil analisis dalampenelitian ini diperoleh hasil bahwa persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap niat menggunakan kembali, persepsi kemanfaatan, kepercayaan, dan kepuasan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat menggunakan kembali. Variabel kepuasan dapat memediasi hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, dan kepercayaan terhadap niat menggunakan kembali.
Downloads
Copyright (c) 2024 Hendra Saputra, Adijati Utaminingsih, D. C. Kuswardhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.