Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Bersbasis Servant Leadership, Motivasi Kerja dan Beban Kerja (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur)

  • Kamariah Kamariah Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Eka Yudhyani Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
  • Evi Kurniasari Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Keywords: servant leadership, motivasi kerja, beban kerja, kepuasan kerja, kinerja

Abstract

Kinerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur perlu ditingkatkan. Seorang pemimpin harus mampu mengetahui hal apa yang mampu memberi motivasi para pegawainya agar kinerja semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership, motivasi kerja, dan beban kerja terhadap kepuasan kerja serta kinerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan format deskriftif, dengan jumlah populasi sebanyak 258 orang pegawai, sedangkan  jumlah sampel 160 orang pegawai, tekhnik sampling yang digunakan adalah random sampling, dengan pengumpulan datanya menggunakan Penelitian Lapangan (Field Work Research) dan kepustakaan  Library Research). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh servant leadership, motivasi kerja, beban kerja terhadap kepuasan kerja, pengaruh kepuasan kerja, servant leadership, motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, beban kerja terhadap kinerja, pengaruh Servant Leadership, motivasi kerja, beban kerja terhadap kinerja melalui kepuasan kerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan servant leadership berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, beban kerja berpengaruh negative signifikan terhadap kepuasan kerja, Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Servant leadership berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja, motivasi kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja, beban kerja berpengaruh negative dan tidak signifikan, servant leadership melalui kepuasan kerja berpengaruh yang positif tidak signifikan terhadap kinerja, motivasi kerja melalui kepuasan kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja, dan beban kerja melalui kepuasan kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-24