Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Network Relationship Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di Kota Jakarta Selatan

  • Azra Mashita Magister Ilmu Administrasi dan Kebijakan Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia
  • Fatimah Muchtar Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia
Keywords: entrepreneurial marketing;, network relationship;, kinerja UMKM

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan dinilai mampu menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Persaingan pada lingkungan yang kompetitif dan keadaan yang terus berubah menjadi tantangan bagi UMKM. Untuk dapat terus bertahan dan tumbuh dalam segala tantangan yang selalu terjadi adalah dengan meningkatkan kinerja. Entreprenerial marketing dan network relationship dinilai menj  adi dua faktor utama yang memengaruhi kinerja UMKM. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif yang data nya bersumber pada kuesioner dari 150 pelaku UMKM kuliner di Jakarta Selatan. Penelitian ini menemukan bahwa entrepreneurial marketing dan network relationship memengaruhi kinerja UMKM baik secara parsial maupun simultan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-18