Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS

  • Salis Rabindra Ishaya Politeknik LP3I Jakarta, Indonesia
  • Edi Wahyu Wibowo Politeknik LP3I Jakarta, Indonesia
  • Yoeliastuti Yoeliastuti Politeknik LP3I Jakarta, Indonesia
Keywords: Nilai Pelanggan, Kemudahan Transaksi, Kepuasan Penumpang, MRT Jakarta

Abstract

Pada tanggal 1 April 2019, Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta telah resmi beroperasi. Beberapa permasalahan dikeluhkan oleh para penumpang, yaitu mengenai persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan, dimana hal-hal tersebut merupakan hal yang sangat penting demi memenuhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan software PLS 3.0 dengan menganalis uji validitas & reliabilitas, serta uji t. Hasil analisis didapatkan untuk uji validitas & reliabilitas semua menghasilkan nilai yang valid & reliabel. Sedangkan uji t didapatkan hasil variabel nilai pelanggan berpengaruh positf terhadap kepuasan penumpang. Begitu pula variabel kemudahan transaksi berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang. Meskipun hasil nya sudah baik tetapi disarankan agar Pihak Manajemen Kereta MRT Jakarta dapat memberikan kepuasan penumpang yang lebih baik lagi seperti memberikan kemudahan transaksi kedepannya dengan menggunakan QR Code dan juga paket integrasi dengan moda transpotasi lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-20