Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19

  • Agus Santosa Universitas Terbuka
Keywords: Pengembangan IKM, Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi, Promosi dan Pemasaran

Abstract

Industri Kecil dan Menengah (IKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama para generasi muda karena merasakan hal ini merupakan profesi yang cocok untuk dikerjakan. Meskipun sangat populer, ekonomi kreatif memiliki tantangan di masa pandemi Covid-19 kali ini banyak sekali IKM yang bergerak di bidang tersebut terpaksa gulung tikar karena tidak mampu bertahan karena resesi pandemi Covid. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran IKM dalam meningkatkan kreativitas dan cara mengelola ekonomi kreatif selama masa pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan dukungan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan IKM melalui penguatan branding dalam Ekonomi Kreatif; Promosi dan Pemasaran di digital; dan memetakan faktor-faktor internal maupun eksternal dengan penciptaan iklim usaha yang kondusif, memberikan bantuan permodalan, adanya perlindungan usaha dari pemerintah, diusahakan adanya pengembangan penguatan kemitraan, pengembangan promosi, dan pengembangan kerjasama yang setara.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-11-20