Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar

  • Ika Firma Ningsih Dian Primasari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Indonesia
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Indonesia
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Indonesia
Keywords: implementasi, multicultural, sekolah dasar

Abstract

Penelitian bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural di SD Jakarta Multikultural School. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan naturalistik inquiry studi kasus. Pengambilan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan konfirmasi hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Uji kredibilitas data dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, member check, dan referensi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural di SD Jakarta Multikultural School sebagai berikut 1) Pembelajaran dilaksanakan secara terpadu melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler 2) Peran kepala sekolah, guru, dan siswa memiliki perananan, pemahaman yang sama dan berpengaruh positif dalam pengembangan nilai-nilai multikultural sebagai upaya membangun karakter peserta didik. 3) Penerapan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat siswa tidak asing dengan istilah bahasa Inggris kaitannya dengan penggunaan teknologi; percaya diri dalam berinteraksi dengan orang asing/WNA 4). Penerapan program kurikulum international (cambridge) dirancang untuk memberikan siswa kesempatan untuk terlibat dengan dunia secara 'langsung' dan interaktif, mendorong pendekatan pembelajaran aktif memandu siswa untuk menjadi fasih dan berpengetahuan luas dalam berbagai mata pelajaran serta untuk merangkul keragaman yang dekat di hati mereka yang menyeimbangkan potensi siswa, peluang, latar belakang etnis, keyakinan agama dan cita-cita guna menciptakan individu untuk bersosialisasi dengan budaya yang berbeda. 5). JMS adalah tempat berkumpul antara peserta didik dan guru yang berasal dari latar belakang berbeda yang memiliki ide, keyakinan dan nilai yang beragam. Festival dan acara budaya dirayakan untuk mengekspresikan keragaman multikultural. 6). Semua orang di lingkungan sekolah waspada dan berkomitmen dalam menegakkan kebijakan no bullying (bebas penindasan)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-19