Perlindungan Konsumen Terkait Iklan yang Menyesatkan

  • Tangkas Hadi Perwira Fakultas Hukum, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Indonesia
Keywords: hukum perlindungan konsumen, undang-undang perlindungan konsumen, manipulasi iklan

Abstract

Saat ini banyak sekali marketing yang memanipulasi iklan suatu produk demi meningkatkan penjualan. Maraknya iklan penipuan ini membuat masyarakat mudah tertipu. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait iklan yang menyesatkan dan kaitannya terhadap hukum perlindungan konsumen karena masih banyaknya masyarakat yang sulit untuk membedakan produk konsumen yang benar-benar sesuai dengan iklan yang tertera. Dari penjelasan diatas maka Masalah yang akan di bahas adalah bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen karena iklan yang menyesatkan? Metode penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan konseptual, pendekatan ini berdasarkan pada doktrin hukum serta perundang-undangan, selain itu juga di kaji dengan studi kasus (Case Study) berkaitan dengan materi yang di kaji. Indonesia merupakan Negara yang berlandaskan pada norma hukum, Undang-undang dan Konstitusional. Pembuatan iklan telah di atur dalam Undang - Undang nomor 24 tahun 1997 tentang penyiaran dan Undang - Undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Hasil dari kajian ini berupa hak perlindungan konsumen, serta fakta yang memuat hak tersebut yang berupa pasal hukum dan peraturan hukum tersebut. Penulis sangat berharap agar dapat berkontribusi dalam permasalahan yang sudah terjadi sangat lama di masyarakat di Indonesia. Di era globalissasi seperti sekarng banyak sekali informasi yang menyesatkan terkait produk yang di gunakan oleh masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-21