Keputusan Pembelian Konsumen pada Yogya Grand Majalengka Dilihat dari Perspektif Iklan dan Komunikasi Word Of Mouth
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisa pengaruh iklan dan word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen di Yogya Grand Majalengka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori survey. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dibuat melalui google form dan didapat respon sebanyak 167 feedback untuk dianalisa. Data dianalisa melalui uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi linear berganda, dan koefisien determinasi menggunakan aplikasi SPSS. Iklan berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian, sedangkan WOM baik secara parsial maupun simultan bersama iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel bebas tidak dapat menyediakan penjelasan secara menyeluruh dalam menjawab permasalahan keputusan pembelian konsumen di Yogya Grand Majalengka. Temuan penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi pihak Yogya Grand Majalengka dalam menentukan strategi pemasaran dikemudian hari dan sebagai bukti empiris yang mungkin berguna bagi penelitian selanjutnya pada topik manajemen pemasaran.