Kampanye Kesehatan Covid 19 Di Media Sosial dalam Perspektif Interaksionisme Simbolik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kampanye kesehatan Covid 19 melalui media sosial dalam meningkatkan kepekaan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan cara mendalami jurnal-jurnal, buku-buku serta artikel pemberitaan termasuk juga data-data yang berkaitan dengan teori-teori yang digunakan terkait dengan Pandemi Covid 19 dan dengan mempelajari kampaye Kesehatan dalam sosial media terkait dengan kepatuhan terhadap protokol Covid 19. Pendekatanpenelitian menggunakan kualitatif dengan pengelompokkan jurnal dan literatur yang dipilih. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu ajakan figure dan influencer di sosial media berpengaruh terhadap kesadaran masyarakat dalam mematuhi protocol kesehatan. Adanya trauma pada seseorang yang kehilangan keluarga atau krabat dekatnya juga mempengaruhi tingkat kesadaran individu. Selain itu hubungan antara kampanye dan pengguna media sosial pun menjadi faktor suksesnya kampanye kesehatan seperti yang disampaikan melalui lagu ‘ingat pesan ibu’ menjadi alternatif lain dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protocol Kesehatan COVID-19. Teori Interaksionisme Simbolik tetap bisa menjadi pegangan dan dasar penelitian untuk melihat bagaimana individu menangkap simbol yang dikirimkan melalui kampanye kesehatan untuk kemudian menerjemahkan makna dan kemudian ditaati serta dilaksanakan secara berkesinambungan. Teori ini terbukti tetap relevan untuk mengukur berbagai bentuk komunikasi dalam fenomena-fenomena yang terus berkembang di masyarakat dan implementasinya dalam perkembangan teknologi terkini.