PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KEPEMIMPINAN, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PROFESIONALITAS PEGAWAI RUMAH SAKIT PELABUHAN CIREBON
Abstract
Profesionalitas, komunikasi interpersonal, kepemimpinan, serta iklim organisasi merupakan empat hal yang kerap dikaitkan satu dengan yang lain. Ketiga hal selain profesionalitas disinyalir sebagai pendorong dan/atau hal yang mempengaruhi profesionalitas seorang karyawan. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengkaji lebih dalam mengenai pengaruh yang ditimbulkan ketiganya atas profesionalitas. Tempat penelitian menggunakan RS Pelabuhan Cirebon yang dipilih melalui perhitungan yang tepat. Populasi penelitian berjumlah 231 karyawan dibagian medis dan administrasi. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 98 untuk bagian yang sama. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa t hitung > t tabel (2,577 > 1,985), artinya terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dengan profesionalitas karyawan dengan jumlah signifikansi sebesar 0,012 atau < 0,05. Sedangkan untuk variabel lain didapat t hitung > t tabel (2,719 > 1,985) artinya terdapat hubungan antara kepemimpinan dan profesionalitas karyawan dengan nilai signifikansi berjumlah 0,036 atau < 0,05. Untuk variabel iklim organisasi t hitung > t tabel (12,024 > 1,985) artinya terdapat hubungan antara iklim organisasi dan profesionalitas karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,011 atau < 0,05. Dengan demikian, penulis berkesimpulan bahwa komunikasi interpersonal, kepemimpinan serta iklim organisasi sama-sama memberi pengaruh atas profesionalitas karyawan di RS Pelabuhan Cirebon Jawa Barat.