PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA

  • Solehudin Solehudin
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Hidrolisis Garam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran hidrolisis garam yang lebih valid dan efektif guna memberi peningkatan pada kompetensi terkait sikap ilmiah,  proses sains, dan hasil belajar siswa peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui basis laboratorium menjadi hal yang penulis pilih. Penelitian ini merupakan pengembangan model 4-D, yang tersusun atas empat tahapan, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk yang menjadi fokus pengembangan disini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, bahan ajar, serta lembar kerja yang memiliki kriteria valid dengan rerata nilai sebesar 3,42. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa model pembelajaran peneliti kembangkan secara efektif dapat memberi peningkatan pada kompetensi terkait sikap ilmiah dan proses sains,  dengan N-gain kompetensi proses sains 0,54 (sedang), dan N-gain sikap ilmiah peserta didik sebesar 0,64 (sedang). Prestasi hasil belajar memberi peningkatan yang cukup mencolok pada  nilai pre-test dan post-test dengan N-gain sebesar 0,69 (sedang), dan persentase ketuntasan belajar 84,38%. Besarnya dampak kompetensi sikap ilmiah dan proses sains secara bersama-sama atas hasil belajar peserta didik sebesar 81,7%. Siswa memberikan respon positif terhadap implementasi instrumen dan model pembelajaran yang dibesarkan melalui kriteria baik atau sebesar 83,44%. Dari semua pembahasan di atas penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran yang disebut di atas memberi dampak positif terhadap sikap ilmiah, proses sains, dan hasil belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-24