Komunikasi Politik Personal Branding Ibnu Sina Melalui Media Sosial Instagram @Ibnusina

  • Muzahid Akbar Hayat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Muhammad Wafi Rahman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Norkhalifah Norkhalifah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Deby Nuriadin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Surya Permadi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: Komunikasi Politik, Personal Branding, Media Sosial, Ibnu Sina

Abstract

Perkembangan teknologi adalah suatu proses berkelanjutan di mana pengetahuan, inovasi, dan penggunaan alat serta sistem yang lebih canggih berkembang seiring waktu. Media sosial menjadi salah satu bentuk media massa yang paling banyak diminati sebab media sosial menawarkan penyampaian informasi yang efektif dan efisien. Instagram memiliki peran penting dalam membangun personal branding seorang politikus untuk memperkenalkan diri, menyajikan latar belakang, dan menegaskan identitas politik mereka. Artikel ini bertujuan untuk membahas penggunaan strategi komunikasi personal branding yang dilakukan oleh Ibnu Sina di Instagramnya @ibnusina menggunakan strategi personal branding pyramid. Pada penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis fenomena yang terjadi secara detail dan deskriptif terhadap subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberhasilan Ibnu Sina dalam melakukan personal branding terlihat dari terbentuknya image seorang Wali kota Banjarmasin yang berintegritas, intelek, berbudaya dan Agamis. Image tersebut bisa dilihat dengan adanya dukungan oleh masyarakat melalui kolom komentar yang ada pada unggahan di Instagram @ibnusina. Selain itu, image positif seorang Ibnu Sina membuat dirinya terpilih sebagai walikota Banjarmasin dalam dua periode.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-15