Konvergensi Media Dakwah di Indonesia (Studi Kasus Pada TV9 Nusantara)

  • Nadya Khennis Rozana UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Konvergensi Media, Media Dakwah, TV9 Nusantara

Abstract

Perkembangan teknologi internet sudah menyebabkan perubahan dan perkembangan pada global komunikasi massa. Lantaran internet, muncullah media baru atau new media. Kemunculan media baru tadi membarui cara rakyat menerima warta melalui media. Awalnya, rakyat menerima warta dan kabar melalui media konvensional, misalnya surat kabar, radio, atau televisi. Untuk bisa terus berkompetisi menjadi asal warta yg diminati rakyat, media televisi pun melakukan penemuan menggunakan cara berkonvergensi. Konvergensi merupakan penggabungan menurut beberapa jenis media dan hadir pada bentuk platform digital. Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan teknologi telekomunikasi yang pesat. Internet, yang identik dengan teknologi komunikasi, sangat meresap di Indonesia sendiri, yang mempengaruhi perubahan budaya media. Industri TV seperti TV9 Nusantara tentu mengalami dampak tersebut dan sebagai media dakwah tentunya akan sangat berisiko jika tidak menciptakan konvergensi media dalam menjaga eksistensi dakwah di era digital. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana konvergensi media dakwah yang dilakukan TV9 Nusantara dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus dan berlandas pada lima dimensi konvergensi media milik Rich Gordon yakni dimensi konvergensi kepemilikan, dimensi konvergensi taktik, dimensi konvergensi struktur, dimensi konvergensi peliputan informasi dan dimensi konvergensi penyajian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Nur. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Anggito, Albi, & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dewi, Putri Aisyiyah Rachma. (2021). INTRODUCTION TO PUBLIC RELATIONS Theories and Practical Usage. Penerbit Lakeisha.

Fitrah, Muh. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Harahap, M. Alfansyah. (2019). Resensi Buku: Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Communication, 10(1), 116–127.

Jalil, Abdul, Mz, Ihsan, & Ambarita, Jenri. (2020). Kuat Melawan Corona. Litera.

Novianti, Wiwik. (2013). Televisi lokal dan konsentrasi kepemilikan media. Observasi, 11(1).

Nurliana, Nurliana. (2020). Televisi sebagai Media Dakwah Islam dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 3(1), 120–135.

Poernomo, Baby. (2020). Peran Perguruan Tinggi Dalam Menyiapkan Pemimpin Masa Depan menghadapi Era VUCA. Prosiding Seminar STIAMI, 7(2), 70–80.

Rahayuningsih, Puji, & Susanto, Susanto. (2021). Daya Tarik Dompet Digital. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 43–50.

Sulvinajayanti, Sulvinajayanti. (2017). Public Relations dan New Media (Proses Humas dalam Mengelola Instagram@ Universitaspertamina). KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 7(2), 154–168.

Trinoviana, Anindita. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM)). Jurnal Komunikasi, 12(1), 35–50.

Vera, Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa, Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Wilkinson, Jeffrey, & Grant, August E. (2009). Understanding Media Convergence: The State of The Field. Oxford University Press.

Published
2022-11-25