Identifikasi Soal Tes UTS dan UAS Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kesulitan dan kualitas proyek berdasarkan masalah tingkat kognisi berdasarkan klasifikasi Bloom revisi UTS dan UAS oleh Anderson dari SMA Ittihad Makassar kategori X. Sampel penelitian didasarkan pada metode klasifikasi kelas X IPA SMA Ittihad Makassar Bloom revisi Anderson untuk soal tes UTS dan UAS pada topik biologi. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, angket dan soal tes UTS dan UAS. Instrumen yang digunakan adalah tingkatan kognitif berdasarkan taksonomi bloom revisi Anderson. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis secara kuantitatif dapat diketahui bahwa tingkat kesukaran soal kelas X terdapat 71% soal termasuk kategori sedang dan 29% soal adalah termasuk kategori mudah. Hasil penelitian dalam pengelompokkan soal berdasarkan ranah kognitif, untuk soal essay didominasi oleh tingkat kognitif C1 dan C2. Hasil analisis secara kualitatif diperoleh bahwa soal UTS dan UAS kelas X IPA di SMA ittihad Makassar dilihat dari segi tingkat kognitif soal berdasarkan taksonomi bloom revisi Anderson sangat tidak baik, karena sebagian besar butir soal baik itu soal UTS dan UAS tingkat kognitifnya itu kisaran hanya diantar C1, C2 dan C3. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa masih belum meratanya guru-guru dalam membuat soal-soal berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom pada soal UTS dan UAS Biologi. Hal ini disebabkan karena guru-guru di SMA ittihad Makassar hanya meniru soal dari buku paket ajar sehari-hari tanpa mempertimbangkan jumlah soal pada setiap ranah C1, C2, C3, C4, C5, dan C6.