Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Customer Care yang Menerapkan Work from Home Di Bidang Kesehatan

  • Irene Melati Carlita Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Arshad Rahmanidal Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Sedarmayanti Sedarmayanti Universitas Kristen Maranatha Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: lingkungan kerja, kinerja karyawan, customer care

Abstract

Pada situasi pandemi saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang turut menerapkan kerja jarak jauh untuk mendukung program physical distancing mencegah penyebaran COVID-19. Penelitian ini diolah menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel Lingkungan Fisik (X1) dan Lingkungan Non-Fisik (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada 54 orang customer care di Bidang Kesehatan X. Hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F untuk melihat pengaruh dua variabel independen terhadap variabel dependen baik secara parsial atapun simultan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa kedua variabel ini secara simultan berpengaruh signifikan sebesar 29,6% terhadap Kinerja Karyawan. Hal ini menjelaskan bahwa keadaan yang terdapat di sekitar tempat kerja dan hubungan antara bawahan dengan atasan dan rekan kerja akan mempengaruhi kinerja customer care baik secara langsung ataupun tidak langsung. Secara parsial, lingkungan fisik berpengaruh 27,46% terhadap kinerja karyawan. Sedangkan lingkungan non-fisik tidak berpengaruh sebesar terhadap kinerja karyawan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-20