Analisis Perilaku Konsumen dengan Model Modified Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT2) pada E-Commerce Tokopedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis model Modified Unified Theory Of Acceptance And Use Technology 2 (UTAUT2) di Tokopedia. Objek pada penelitian yaitu seluruh online shoppers di Gunung Putri yang pernah eksplorasi account onlineshop dan atau pernah membeli produk via Tokopedia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan 100 sampel responden. Hasil dari olah data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software smartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performance expectation, effort expectancy, social influence, facilitating condition, dan price value, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention. Yang mana t statistik tertinggi yaitu effort expectancy sebesar 3,429. Sedangkan variabel independen lainnya seperti hedonic motivation, habit, dan trust terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention. Sementara itu facilitating condition, habit, dan behavioral intention terbukti secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior.