Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi

  • Ryan Havidhian Putra Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wisnu Mawardi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan yang dimoderasi likuiditas. Variabel dependennya adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA dan ROE, variabel independennya adalah struktur modal yang diproksikan dengan Total Debt to Total Assets (TDTA) dan Total Debt to Total Equity (TDTE), variabel moderasinya menggunakan likuiditas yang diproksikan dengan CR. Populasi yang dipilih yaitu perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI pada periode penelitian sebanyak 145 perusahaan. Pada proses mengambil data teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TDTA berpengaruh negatif terhadap ROA dan ROE, TDTE berpengaruh positif terhadap ROA dan ROE, likuiditas memoderasi TDTA terhadap ROA dan ROE, likuiditas memoderasi TDTE terhadap ROE, likuiditas tidak memoderasi TDTE terhadap ROE.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 19, 2021
How to Cite
PUTRA, Ryan Havidhian; MAWARDI, Wisnu. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 6, p. 3020-3036, june 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2284>. Date accessed: 03 aug. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.2284.