PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU DAN IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI MTS NEGERI MODEL BREBES
Abstract
Guru atau dalam istilah lain disebut pendidik adalah penting dalam pembangunan karakter bangsa. Guru memiliki peran khusus dalam kehidupan bernegara. Guru memiliki jasa dalam ranah pendidikan. Kendati demikian tidak sedikit pula guru dengan kinerja mengajar yang kurang baik. ketidakmaksimalan kinerja guru disebabkan oleh beberapa salah, dua diantaranya adalah motivasi kerja guru dan implementasi program kerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang kurang maksimal. Penelitian ini secara umum menguraikan peran kedua hal tersebut atas proses meningkatnya kinerja mengajar guru. Penelitian ini mengupas bagaimana peran motivasi kerja guru dan implementasi program kerja MGMP atas meningkatnya kinerja mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri Model Brebes. Adapun populasi serta sampel yang diterapkan disini adalah guru MTs Model Brebes dengan jumlah 100 orang. Peneliti mendapati pengaruh yang cukup signifikan dari motivasi kerja guru dan implementasi program kerja MGMP atas meningkatnya kinerja mengajar guru. Merujuk dari hal tersebut penulis menyimpulkan bahwa motivasi kerja guru dan implementasi program kerja MGMP secara baik dapat meningkatkan kinerja mengajar pendidik atau guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Brebes.