Evaluasi Mutu Pelayanan Puskesmas Terakreditasi Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kabupaten Karawang
Abstract
Pada masa pandemi COVID-19, mutu pelayanan Puskesmas menjadi tolak ukur utama dalam evaluasi kinerja Puskesmas khususnya yang telah terakreditasi. Tingkat kepuasan pelanggan merupakan salah satu parameter untuk mengetahui mutu pelayanan Puskesmas telah sesuai dengan standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan Puskesmas terakreditasi di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk tingkat kepuasan terhadap pelayanan Puskesmas diukur melalui survei kepuasan masyarakat sesuai dengan Permenpan No 14 Tahun 2017. Penelitian dilakukan di 4 Puskesmas terakreditasi dasar (1474 responden) dan 4 Puskesmas terakreditasi utama (1363 responden), tingkat kepuasan pelayanan dinyatakan sebagai indeks kepuasan masyarakat (IKM). Hasil penelitian menunjukkan nilai IKM Puskesmas terakreditasi utama 80,89 mendekati batas maksimal kategori kinerja baik sedangkan nilai IKM Puskesmas terakreditasi dasar 76,80 mendekati batas minimal. Ternyata semakin tinggi status akreditasi Puskesmas semakin tinggi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Puskesmas. Puskesmas terakreditasi dasar harus meningkatkan kualitas pelayanan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang harus meningkatkan jumlah Puskesmas terakreditasi utama agar mutu pelayanan kesehatan semakin baik.
Downloads
References
Damayanti, Luh Dea, Suwena, Kadek Rai, & Haris, Iyus Akhmad. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 21. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V11i1.20048. Google Scholar
Endartiwi, Sri Sularsih. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat ( Ikm ) Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas. (November 2018), 105–112. Google Scholar
Fajriansyah, Fahri. (2020). Perencanaan Pengembangan Kualitas Produk Berdasarkan Preferensi Konsumen Dengan Integrasi Metode Kano Dan Qfd (Studi Kasus Cv Brawijaya Dairy Industry). Universitas Muhammadiyah Malang. Google Scholar
Hasriantysudirman, & Rosnawati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Wilayah Kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi. Jurnal.Unismuhpalu.Ac.Id. Google Scholar
Kemenkes Ri, 2015. Pmk No. 46 Ttg Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi.Pdf.Part. , (2015), Academia. Google Scholar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. , 94 Experimental Cell Research § (2017). Google Scholar
Mernawati, Defi, & Zainafree, Intan. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52. Google Scholar
Mirshanti, Farahdila. (2018). Pengaruh Status Akreditasi Puskesmas, Faktor Sosial Ekonomi, Dan Jenis Asuransi Pasien Terhadap Kuslitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Di Puskesmas. Diss. Universitas Sebelas Maret. Google Scholar
Mutia, Siti Maulina. (2020). Gambaran Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Pasien Rawat Jalan Terhadap Penggunaan Antibiotik Di Puskesmas Pintu Pohan Meranti Toba Samosir. Medan: Poltekkes Medan Diakses dari http://repo.poltekkes-medan.ac.id/jspui/handle/123456789/2823?offset=40 Google Scholar
Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65(879), 2004–2006. Google Scholar
Putri, Ririn Noviyanti. (2020). Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V20i2.1010. Google Scholar
Suyaman, Dede Jajang, Sirojudin, Junjun, Puspasari, Dewi, Karawang, Universitas Singaperbangsa, Tinggi, Sekolah, Ekonomi, Ilmu, April, Sebelas, Tinggi, Sekolah, Ekonomi, Ilmu, April, Sebelas, & Kerja, Kepuasan. (2013). Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Kelas Melati Di Sumedang. Google Scholar
Tawalujan, Tenisia Windah, Korompis, Grace E. C., Maramis, Franckie R. R., Kesehatan, Fakultas, Universitas, Masyarakat, & Ratulangi, Sam. (2019). Hubungan Antara Status Akreditasi Puskesmas Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Kota Manado. Kesmas, 7(5). Google Scholar
Wijaya, Vincentius Andhika. (2020). Analisis Kesalahan Tata Kelola Rupbasan. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial, 2(2), 88–100. Google Scholar
Yudi Zanzeno. (2020). Kinerja Unit Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Sarolangun Tahun 2018; Kajian Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Indikator Permenpan Nomor 14 Tahun 2017. 758–788. Google Scholar