Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rumusan desain model pendekatan induktif pembelajaran matematika untuk guru sekolah dasar (SD) yang berlatar bukan dari matematika. Jenis penelitian adalah mixed kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan research and development. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: angket, wawancara, dan dokumentasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model analyze, design, develop, implement, dan evaluation (ADDIE). Hasil penelitian, yaitu: (1) memaksimalkan pemahaman matematika perlu memperhatikan teori belajar, (2) kesalahan yang dilakukan guru adalah bagaimana membuat hubungan antara simbol dan prosedur serta ketersedian referensi yang sesuai, menghubungkan prosedur simbolik dengan penyelesaian masalah informal, serta menghubungkan antar sistem simbol, (3) pengolahan pesan secara induktif, yaitu: diawali dari fakta atau peristiwa khusus yang selanjutnya dihubungakan dengan materi sebelumnya (materi prasyarat), penyusunan konsep berdasarkan fakta-fakta yang sesuai penalaran dan hasil pengembangan kasus empiris, dan penyusunan generalisasi berdasarkan konsep-konsep. Kesimpulan penelitian adalah tersusunnya model kasar pembelajaran matematika dengan pendekatan induktif, dengan tahapan: menganalisis permasalahan; penetapan materi prasyarat; penetapan fakta masalah; kegiatan integrasi ranah motorik, afektif, dan kognitif; proses penalaran; evaluasi proses penalaran; pengembangan kasus empiris; perumusan konsep; dan evaluasi pembelajaran.