Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang)

  • Mohamad Ari Wibowo Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Susilo Toto Raharjo Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, intellectual capital, inovasi produk, keunggulan bersaing, kinerja bisnis

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi Keunggulan bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada UMKM Batik di Kota Semarang). Data yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang mencatat jumlah UMKM batik di Kota Semarang hanya 30. Permasalahan tersebut menjadi masalah yang cukup serius karena menurunya jumlah UMKM Batik dan omzet setiap tahunya, oleh karena itu akan di teliti lebih lanjut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, intellectual capital, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis. Penelitian ini menggunakan sampel semua pemilik UMKM Batik di Kota Semarang. Metode purposive sampling digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengumpulan data, penentuan jumlah sampel adalah 30 dan 30 form kuesioner terkumpul dari responden serta dengan teknik wawancara. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh adalah dengan teknik Structural Equation Mode partial least square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Seluruh hipotesis pada penelitian ini yakni. Pertama, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif keunggulan bersaing. kedua, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing ketiga, intellectual capital berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Keempat, inovasi produk tidak berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing kelima orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Keenam orientasi pasar tidak berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Ketujuh intellectual capital berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. kedelapan inovasi produk tidak berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis. Kesembilan keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-21