Kesadaran Halal sebagai Mediasi Antara Bahan Baku Produksi, Sertifikat Halal, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di Purwokerto
Abstract
Sebagai negara dengan mayoritas Islam, kesadaran akan produk makanan halal merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesadaran halal sebagai mediasi antara bahan baku produksi, sertifikat halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian makanan di Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan di Purwokerto dengan responden sebanyak 400 orang yang terdiri dari UMKM dan umum. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif. Hasil yang didapatkan adalah bahan baku produksi tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sedangkan sertifikat halal dan religiusitas memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Melalui moderasi sudah didapatkan bahwa kesadaran halal tidak mampu memoderasi bahan baku terhadap keputusan pembelian. Sementara kesadaran halal tidak mampu memoderasi sertifikat halal terhadap keputusan pembelian makanan. Pada interaksi religiusitas dan kesadaran halal juga tidak mampu memoderasi antara religiusitas dengan keputusan pembelian.
Downloads
Copyright (c) 2024 Anisa Nur Andina, Muliasari Pinilih, Manda Dwi Tian Azzahra, Rashif Syaddad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.