Analisis Perencanaan Strategi untuk Mempertahankan Eksistensi Perusahaan dalam Mewujudkan Keunggulan Bersaing
Abstract
Peran perusahaan keluarga dalam ekonomi di Indonesia memiliki peran yang besar. Menurut survey yang sudah dilakukan dibeberapa penelitian juga mengatakan bahwa banyak perusahaan keluarga yang gagal dalam melewati hingga tiga suksesi.Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor- faktor yang berdampak dalam merencanakan strategi perusahaan sehingga mampu menciptakan keunggulan bersaing. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan hingga mampu bertahan sampai dengan generasi ketiga, dan mampu menyusun perencanaan strategi yang bisa unggul dalam persaingan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pedekatan studi kasus sebagai alat penelitianya. Analsis hasil dari hasil informasi kemudian dipetakan faktor yang dimunculkan lalu membangun pengembangan soft model dari pemetaan faktor tersebut. Proses wawancara melibat generasi ketiga selaku suksesi generasi sebelumnya, karyawan yang telah bekerja dari generasi sebelumnya dan karyawan yang bekerja di generasi ketiga. Hasil penelitian menunjukkan ada empat faktor yang mempengaruhi perencanaan strategi yang dapat menjadikan perusahaan tersebut bertahan hingga ke generasi ketiga. Keempat faktor tersebut dalah faktor manajerial, budaya organisasi, perencanaan strategi dan kinerja perusahaan.