Analisis Motivasi Belajar, Dukungan Atasan, Kompetensi Trainer dan Motivasi Transfer Sebagai Determinan pada Transfer Pelatihan

  • Nanang Kurniawan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Indonesia
  • Ahyar Yuniawan Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kompetensi pelatih, dukungan supervisor dan motivasi transfer terhadap transfer pelatihan. Penelitian dilakukan pada karyawan PT Indonesia Power. Sampel yang diambil sebanyak 229 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 26 item pertanyaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar, kompetensi pelatih berpengaruh terhadap transfer pelatihan karyawan PT Indonesia melalui mediasi transfer motivasi dan selanjutnya ditemukan bahwa variabel dukungan supervisor tidak berpengaruh terhadap transfer pelatihan. Manajemen harus memperhatikan 3 variabel tersebut dengan tujuan agar karyawan dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan baru yang dipelajari dalam pelatihan dalam konteks pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 18, 2021
How to Cite
KURNIAWAN, Nanang; YUNIAWAN, Ahyar. Analisis Motivasi Belajar, Dukungan Atasan, Kompetensi Trainer dan Motivasi Transfer Sebagai Determinan pada Transfer Pelatihan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 4612-4626, sep. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2477>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i9.2477.