Studi Tentang Loyalitas Nasabah Dana Di PT Bank BNI Syariah Cabang Pekalongan

  • Muhammad Zuaimi Rusyidi Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: sikap pribadi bankir, persepsi manfaat, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Abstract

PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekalongan memiliki cakupan wilayah operasional yang meliputi wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pemalang. Data tahun 2000 hingga 2011 menunjukkan terjadinya perlambatan ekspansi dalam peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) dibandingkan dengan pergerakan pada periode 6 tahun terakhir sejak tahun 2012 sampai tahun 2018. Gambaran stagnansi ini menunjukkan bahwa masih terdapat hal-hal yang belum dioptimalkan dalam melakukan pengelolaan dan maintenance nasabah dana, meskipun layanan yang diberikan oleh setiap pegawai khususnya sales telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh personal attitude bankers dan persepsi manfaat terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personal attitude bankers dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19