UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI OPTIK MELALUI PENGGUNAAN MIND MAP PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS XII IPA 8 SMA NEGERI 2 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif suatu model pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses dan produk pengajaran di kelas. Untuk mencari solusi dalam memecahkan segala masalah penelitian ini dirancang dalam 2 siklus dimana diantara kedua siklus terdapat evaluasi. Dengan pemikiran jika pada awal pelaksanaan ada kendala maka bisa diperbaiki pelaksanaanya pada siklus berikutnya. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan, pemberian tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Dari data hasil belajar siklus 1 memiliki rentang nilai sebesar 35,00 dengan nilai minimum 50,00 dan nilai maksimum 85,00. Rata-rata hasil belajar kelas adalah 65,00 dan standar deviasi sebesar 8,53. Pada siklus 2 rentang nilai sebesar 30,00 dengan nilai minimum 60,00 dan nilai maksimum 90,00. Rata-rata hasil belajar adalah 74,88 dan standar deviasi sebesar 6,85. Dari kurva siklus 1 dan siklus 2, dapat terlihat bahwa kurva siklus 2 lebih normal dibandingkan siklus 1. Hal ini berarti data pada sikllus 2 lebih beragam dibandingkan data pada siklus 1 pada materi fluida statis. Siklus 2 memiliki median 75,00 dan siklus 1 memiliki median 65,00. Artinya, data hasil belajar fisika pada siklus 1 memusat di sekitar 65,00, sedangkan data hasil belajar fisika pada siklus 2 memusat di sekitar 75,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind map dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman terkait konsep materi optik di kelas XII IPA 8 SMA Negeri 2 Cirebon.
Kata Kunci: Mind Map, Konsep Materi Optik