Intervensi Pemerintah Indonesia dalam Penetrasi Musik Lokal Ke Pasar Global Melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF)

  • Ferdiansyah R Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Sriwijaya
  • Indra Tamsyah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Sriwijaya
  • Yuniarsih Manggarsari Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Sriwijaya
Keywords: perdagangan jasa, industri musik, peran pemerintah, BEKRAF

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai efektifitas peran pemerintah Indonesia melalui BEKRAF dalam membantu produk industri musik Indonesia memasuki pasar Global. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif analitik, dengan data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan pada September 2019, dengan perwakilan BEKRAF. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BEKRAF telah menempuh beberapa cara, yaitu: penguatan kesadaran akan hak cipta, perbaikan infrastruktur industri, pemberian sertifikasi aktor, serta pemberian dukungan kepada aktor yang berkesempatan melakukan pertunjukan di luar negeri. Hanya saja cara ini masih kurang efektif, karena sejumlah aturan prosedural, dan juga kurang tepat sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-20