UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Gunung Jati Cirebon melalui pembelajaran kelompok (Cooperative Learning) tipe Number Head Together (NHT) tahun pelajaran 2012/2013. Diharapkan 85 % siswa mempunyai motivasi yang sangat tinggi. Penelitian dilaksanakan bulan Januari – April 2013 di kelas VIII A yang berjumlah 32 orang dengan siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) selama tiga siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kualitatif diambil dari keaktifan siswa dalam pembelajaran dan hasil angket motivasi belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 tingkat motivasi siswa dengan kategori sangat tinggi (66,67%), kategori tinggi (33,33%), kategori sedang (0%) dan kategori rendah (0%). Pada siklus 2 tingkat motivasi siswa dengan kategori sangat tinggi (75%), kategori tinggi (25%), kategori sedang (0%) dan kategori rendah (0%). Pada siklus 3 tingkat motivasi siswa dengan kategori sangat tinggi (86,11%), kategori tinggi (13,79%), kategori sedang (0%) dan kategori rendah (0%) dengan rata-rata hasil ulangan 72,78. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa dengan pembelajaran kelompok (Cooperative Learning) tipe NHT (Number Head Together) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.