Manajemen Kelas Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik Di SMK Al Ihya Selajambe Kabupaten Kuningan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait pola pembentukan karakter melalui manajemen kelas di SMK Al-Ihya Selajambe Kabupaten Kuningan. Penulis menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian. Data yang terkumpul melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara di rangkai menjadi kata-kata untuk menjadi informasi. Strategi dan inovasi yang dilakukan oleh wali kelas dalam tujuan pengoptimalisasian manajemen kelas di SMK Al-Ihya Kuningan guna memfasilitasi dan mengarahkan peserta didik menuju ketercapaian pembelajaran dan terhidar dari gangguan-gangguan pembelajaran, diantanya: Pertama,mengagendakan pertemuan rutin dengan orang tua murid dengan 3 kali pertemuan yaitu pertemuan awal, tengah dan akhir semester serta pertemuan khusus bagi orang tua dengan peserta binaan. Kedua, menata kelas menjadi kelas yang nyaman dengan partisipasi peserta didik didalamnya. Ketiga, membangun Quality Time bersama peserta didik. Keempat, membuka layanan konseling ringan. Lima, koordinasi dengan berbagai pihak guna tercapainya tujuan pembelajaran dan pengembangan bakat serta potensi peserta didik. Terdapat beberapa hambatan-hambatan dalam pelaksanaan manajemen kelas, diantaranya adalah: 1). Faktor wali kelas yang kurang memiliki wawasan dan berkepribadian kurang baik. 2). Faktor peserta didik yang kurang antusias. 3). Faktor keluarga dari latar belakang berbeda; dan 4). Faktor fasilitas minim.